Sejarah Fiyo CMS

Fiyo CMS di kembangkan dan dibuat pertama kali oleh mantan seorang pelajar SMK yang pada saat itu bersekolah di SMK 10 Semarang jurusan RPL. Pada zaman itu namanya bukan Fiyo CMS melainkan Sirion yang merupakan akronim dari Site Administration.

 

Oh iya lupa menyebutkan nama pembuatnya, namanya adalah First Ryan. Dia sangat suka sekali dengan 'makanan' yang berbau website. Apalagi jika ada lomba di daerahnya, yaitu kota Semarang. Setiap kali ada lomba web design atau membuat website hampir 95% di pasti ada didalamnya. Dan hasilnya tidak begitu mengecewakan.

Dia sendiri mengikuti lomba bukan karena hadiahnya, melainkan ingin mengukur kemampuannya.Sejauh manakah dia dapat bersaing diantara web-desiner seumuranya.

Oke, lanjut lagi ke permasalahan Sirion. pada awal pengembangan Sirion tampak begitu mudah dan cepat sekali dengan berbagai fiturnya dari mulai pengolahan konten menggunakan editor WYSIYG, sampai pengembangan plugin-nya. Sirion sendiri memang tidak di publish kedunia luar, karena memang hanya untuk kalangan sendiri selain belum lengkap fiturnya.

Setelah hampir satu tahun menggunakan Sirion, akhirnya ada keinginan untuk mengganti nama. Lantaran nama Sirion sudah di pakai nama mobil, hahaha. Setelah itu First Ryan mencari berbagai alternatif nama yang mudah diingat dan singkat melalui whois-domain. Ketemulah fiyo.org yang belum memiliki pemilik. Langsung saja domain tersebut dibelinya sebagai nama CMS baru yang akan dikembangkan.

Usut punya usut, pada awal pembuatan Fiyo CMS (setelah ganti nama) si pembuat tidak mau meneruskan pengambanganya terhadap Fiyo CMS sebelum dia mendapatkan nama baru yang cocok, hehehe. Aneh juga ya, padahal cuman gara-gara nama.

Si pembuat sendiri sudah tresno banget  sama yang namanya Joomla. Semua website yang telah dibuatnya untuk client, atau untuk dia sendiri hampir 90% menggunakan Joomla. Maka tak heran bila Fiyo CMS sendiri mirip sedikit-sedikit dengan CMS yang sangat Powerfull itu.

Fiyo CMS sendiri berkembang tidak lepas dari bantuan para rekan-rekan dan para client yang selalu memberi masukan demi kemajuan Fiyo CMS.

Fiyo CMS sebenarnya dibuat untuk memudahkan bagi para designer yang ingin mengembangkan designnya kedalam sebuah CMS tanpa harus banyak merubah script. Dan Fiyo CMS sendiri bisa mudah di pahami dari koding-koding yang telah dibuat oleh pengembangnya dan dapat di obrak-abrik dengan syarat dan ketentuan yang berlaku*.

Fiyo CMS bukanlah sebuah CMS saingan untuk CMS yang sudah ada, tapi hanya untuk menambah alternatif pilihan bagi pengguna CMS. Dan yang pasti Fiyo CMS 'Bukan Sekedar CMS Biasa'.